NONTON BARENG HMJ SEJARAH. COBAIN : MONTAGE OF HECK

nobar

nobar

Pemutaran film  kali ini tidak hanya tentang perang saja, sejarah meliputi berbagai hal-hal menarik yang terjadi pada dunia ini. Berkaitan dengan tanggal 5 April dimana Sang Legenda musik Kurt Cobain meninggal, pemutaran film kali ini berguna untuk mengenang sosok Kurt Cobain dan mengambil pelajaran darinya.

cobain

cobain

Pada hari rabu HMJ Sejarah Fakutas Ilmu Sosial mengadakan agenda rutin yaitu pemutaran film sejarah. Pemutaran film sejarah yang ketiga yang berjudul “Cobain : Montage of Heck A Film by Brett Morgen” yang ditayangkan pada hari Rabu, 11 April 2018 bertempat di Gedung I.5 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.  Agenda pemutaran ini di putar pukul 18.00 – selesai. Kali ini pemutaran film “Cobain : Montage of Heck A Film by Brett Morgen”mengundang pemantik yaitu Moch. Dimas Galuh Mahardika KADIV Kesesnian dan Kebudayaan BEM FIS 2018, dan anggota dari BKT Laisos yang mana salah satu BKT sebagai wadah bagi pecinta musik, dengan di moderatori oleh Hawiki Renalia anggota Bidang Teknologi Informasi dan Pustaka (TIPUS) HMJ Sejarah 2018.

pemantik dan moderator

pemantik dan moderator

Film  “Cobain : Montage of Heck A Film by Brett Morgen” kali ini menghadirkan sosok Kurt yang mana pada masa kecilnya ia adalah sosok yang hiperaktif, hingga pada suatu hari orang tuanya bercerai. Dari situlah Kurt menjadi sering merasa tidak bahagia dengan kehidupannya. Melalui musik ia melampiaskan segala perasaannya. Lirik lagu yang diciptakan oleh Cobain merupakan hasil buah pikiran yang tercurahkan dari perasaannya. Pada awalnya memang Cobain tidak berniat untuk menjadi terkenal, tapi baginya musik adalah suatu wadah yang mengerti tentang perasaanya.

peserta

peserta

 

peserta

peserta

Pemutaran film kali ini berhasil mendapat apresiasi dari mahasiswa, terbukti dari penonton yang hadir mencapai kurang lebih 60 orang. Tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa UM dari angkatan 2014 sampai 2017 saja, tetapi dari kampus luar UM pun ikut menonton film. Ketika sesi diskusi dibuka, antusias penonton terlihat ketika saling bersautan antara penonton dan pemantik yang saling bertukar informasi. Bagi orang awam Kurt Cobain diketahui merupakan anggota Nirvana yang mana tidak hanya skill musik tapi kehidupan Kurt Cobain juga menjadi sorotan publik, walaupun karirnya sebentar namun karyanya masih dikenang dan dinikmati oleh pecinta musik hingga sekarang seperti album Smells Like Teen Spirit. Jadi, film bisa menjadi suatu Historiografi audiovisual abad 21 yang mana memiliki ciri-ciri menampilkan kehidupan sehari-hari dan sosial. Hal ini menunjukkan bahwa teks bukanlah satu-satunya sumber sejarah. (VRS)