WORKSHOP PKM 2018 : MEMPERSIAPKAN MAHASISWA SEJARAH YANG UNGGUL MENUJU PIMNAS 2019

Suasana Workshop PKM 2018

Suasana Workshop PKM 2018

Lagi, HMJ Sejarah JAS MERAH memberikan fasilitas kepada pamhasiswa Bidik Misi Jurusan sejarah untuk mengembangkan, melatih dan menemukan terobosan baru dalam acara Workshop Penulisan PKM 2018. Menurut Wakil Dekan III FIS UM, Bapak I Nyoman Ruja S.U, kegiatan workshop penulisan PKM 2018 yang diadakan oleh HMJ Sejarah merupakan Workshop pertama di FIS. Besar harapan beliau agar program HMJ Sejarah ini menjadi inspirasi dan dilakukan oleh ormawa yang lain.

Perkembangan teknologi, kemajuan zaman, modernisasi dan arus globalisasi yang terus mengalir memberikan warna baru pada kehidupan sosial. sebagai seorang mahasiswa jurusan sejarah yang tidak terlepas dari peristiwa dan masyarakat, fenomena-fenomena tertentu patutlah dipahami dan diamati untuk kemajuan dan perkembangan selanjutnya. berbagai permasalahan pun muncul melanda indonesia dengan berbagai macam problematikanya. Hal inilah yang harus dikritisi dan diamati oleh mahasiswa khususnya Jurusan Sejarah unutk bisa meningkatkan mutu dalam berkreasi dan berinovasi, meningkatkan kesadaran bersosial dan mengeluarkan ide-ide maupun gagasan penting untuk permasalahan yang ada.

Dengan ini, HMJ Sejarah mengadakan Workshop PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) 2018 yang bertempat di lantai 7 Aula HOS Tjokroaminoto sebagai langkah awal untuk bersosialisasi dan melatih mahasiswa untuk semakin berfikir kritis dalam menyikapi problematika. Serta, dapat menuangkan ide-ide cemerlang untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada. Workshop PKM 2018 dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB dengan dipandu oleh Hawiki Renalia sebagai MC (Master of Ceremony). Pada workshop tersebut, datang pula Bapak I Nyoman Ruja, S.U selaku Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial untuk membuka acara secara resmi. Worksho PKM dihadiri oleh 85 peserta yang berasal dari Mahasiswa Bidikmisi Angkatan 2016-2017 dan Delegasi dari HMJ Sejarah Periode 2018.
Pemateri pada Workshop PKM 2018 adalah dosen-dosen Jurusan Sejarah yang ahli dalam bidangnya, yakni Bapak Fahrul Nurfahrul Lukmanul Khakim sebagai pemateri dan teknis PKM-AI (Artikel Ilmiah), Bapak Ronald Ridhoi sebagai pemateri dan teknis PKM-P (Penelitian), serta Bapak Wahyu Djoko sebagai pemateri dan teknis PKM-M (Pengabdian kepada Masyarakat).

Pemateri dan Moderator

Pemateri dan Moderator

Suasana menyenangkan dan antusiasme peserta memenuhi Aula HOS Tjokroaminoto pada hari pelaksanaan Workshop PKM. Peserta tampak bersemangat mendengarkan materi dan dengan aktif mengajukan pertanyaan pada sesi diskusi dan tanya jawab. Workshop PKM ini juga menyediakan sesi sharing & practicing yang bertujuan untuk forum tanya jawab secara lebih mendalam dengan pemateri yang sesuai dengan pilihan PKM. Acara berlangsung lancar dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Diakhiri dengan penampilan dari BKT Laisos yang menghibur para peserta, dan juga pengumpulan abstrak untuk kemudian bisa dikoreksi dan diumumkan kelolosannya ketahap pembinaan.

Penampilan LAISOS

Penampilan LAISOS

Dengan diadakannya Workshop PKM 2018, diharapkan Mahasiswa Jurusan Sejarah semakin giat untuk menuangkan ide-ide kreatif dan inovatif, yang bisa membantu permasalahan sosial di kehidupan sehari-hari. Juga dapat meningkatkan kesadaran serta kemampuan berfikir kritis yang berguna bagi kedepannya. (NS)