HMJ SEJARAH 2018

WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL SEBAGAI AJANG AKTUALISASI SITUS TERTINGGAL

Kegiatan Workshop Penulisan Artikel 2018 dengan mengambil tema “Mengaktualisasikan Situs Tertinggal Melalui Karya Tulis Ilmiah”. Seperti acara pada tahun-tahun sebelumnya pada kegiatan tahun ini workshop diikuti oleh mahasiswa/i Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Peserta berasal dari delegasi dari setiap offering dari angkatan 2016 dan 2017, dimana setiap offering mendelegasikan 3 orang mahasiswa/i mereka. Peserta yang mengikuti workshop ini kemudian membuat sebuah abstrak yang sesuai dengan judul yang mereka tetapkan. Abstrak sebelumnya sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Setelah pembuatan abstrak selesai kemudian dikonsultasikan kepada pembina dan dikumpulkan kepada panitia melalui surat elektronik. Satu bulan kemudian para peserta workshop diminta untuk mengirimkan artikel lengkap berdasarkan abstrak yang telah dibuat.

WPA

Workshop Penulisan Artikel 2018 dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Maret 2018 di gedung I1 lantai 7 aula RA Kartini Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang dengan lancar dan tepat waktu. Sebelum acara dimulai, pukul 06.00 WIB panitia berkumpul dan mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan jalannya acara. Setelah itu pada pukul 06.30 WIB, peserta melakukan registrasi di depan pintu masuk aula RA Kartini, peserta mengisi daftar hadir dengan tertib dan rapi. Peserta yang selesai melakukan registrasi selanjutnya diarahkan secara teratur oleh panitia untuk masuk ke ruang acara. Pada pukul 07.00 WIB acara dibuka oleh Master of Ceremony (MC), Hawiki Renalia dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh Zulfi Nur Azizi serta pembacaan doa oleh Muhammad Adam Nuh Ibrahim.

MC

Acara selanjutnya yakni sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama oleh Ketua Pelaksana yaitu Agung Nasrullah dan sambutan yang kedua, yakni sambutan Ketua HMJ Sejarah, Rifky Hilman Hidayat Fauzi, sambutan ketiga oleh Pembina HMJ Sejarah 2018 Najib Jauhari, M.Hum, dan dilanjutkan oleh Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati, M.Hum selaku Sekretaris Jurusan Sejarah sekaligus membuka acara Workshop Penulisan Artikel 2018.

Acara selanjutnya ialah pemberian materi tentang workshop penulisan Artikel 2018. Pemateri pertama adalah Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati, M. Hum yang menjelaskan mengenai Situs Sejarah. Pemateri kedua adalah Ulfatun Nafi’ah, M.Pd yang menjelaskan mengenai Teknis Penulisan Artikrl Penelitian. Pemateri yang ketiga sekaligus yang terakhir adalah Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim S.Pd, M.Pd. yang menjelaskan tentang Teknis Penulisan Artikel Non Penelitian. Pada saat pemberian materi ini, peserta sangat antusias. Hal ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta kepada pemateri. Moderator yang memimpin acara ini adalah Sinta Ferbriana. Pemberian materi ini dilakukan secara paralel dengan rincian waktu  60 menit per pemateri. Setelah itu dibuka sesi tanya jawab selama 30 menit.

Setelah pemberian materi dan tanya jawab selesai. Acara selanjutnya yaitu, kegiatan konsultasi Judul dan Abstrak oleh para peserta yang di bimbing oleh ketiga pemateri. Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok dan mengkuti instruksi dari panitia. Pemateri pertama, Drs, Slamet Sujud Purnawan Jati, M.Hum menginstruksikan peserta sebanyak 21 mahasiswa/i. Pemateri kedua, Ulfatun Nafi’ah, M.Pd mengintruksikan peserta sebanyak 21 mahasiswa/i. Pemateri yang ketiga, Rintahani Johan, S.Pdmenginstruksikan peserta sebanyak 21 mahasiswa/i. Setelah proes konsultasi judul dan abstrak selesai, kemudian judul dan abstrak tersebut dikumpulkan kepada panitia. Acara melalui Surat Ekeltronik. Acara selanjutnya adalah penampilan dari Laisos FIS UM, selain itu juga sekaligus pembagian konsumsi bagi peserta Workshop Penulisan Artikel 2018. Pada pukul 13.00 WIB acara ditutup dan penutupan dilakukan oleh Master of Ceremony.

Setelah acara Workshop Penulisan Artikel 2018 selesai dilaksanakan, 12 peserta yang abstraknya terpilih kemudian dilakukan pembinaan oleh Drs. Slamet Sujud Purnawan Jati, M.Hum, Ulfatun Nafi’ah, M.Pd, dan Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim, S.Pd, M.Pd. Pembinaan tersebut dilaksanaan setiap hari Jum’at pukul 14.00 WIB sampai selesai. Pembinaan penulisan jurnal ilmiah 2017 dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Terhitung sejak hari Jum’at, 23 Maret 2018 sampai dengan Jum’at, 13 April 2018. Beberapa mahasiswa/i sejarah yang telah mengikuti pembinaan dan sudah mempunyai karya, maka beberapa karyanya akan masuk ke Jurnal Dimesni terbitan HMJ Sejarah.