HMJ SEJARAH 2018

LKMO HMJ SEJARAH “JAS MERAH” 2018

Menghidupkan Kembali Laboratorium Pancasila Universitas Negeri Malang

Peserta LKMO HMJ Sejarah 2018 melakukan foto bersama di depan Museum Universitas Negeri Malang

Peserta LKMO HMJ Sejarah 2018

LKMO (Latihan Keterampilan Manajemen Organisasi) HMJ Sejarah baru saja dilaksanakan pada Hari Sabtu dan Minggu tanggal 3- 4 Maret 2018. Dengan mengusung tema “Pembentukan Karakter Kepemimpinan, Keterampilan, dan Manajemen Organisasi Mahasiswa Jurusan Sejarah” pelaksanaan LKMO 2018 dilaksanakan di Laboratorium Pancasila Universitas Negeri Malang.

Laboratorium Pancasila bertempat di kompleks Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pemilihan tempat dilakukan di Laboratorium Pancasila karena jarang digunakan, padahal fasilitas yang diberikan cukup memadai, selain itu laboratorium ini pernah memberikan sejarah tersendiri bagi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial. Laboratorium ini menjadi menarik karena terdapat banyak sekali informasi mengenai dasar Negara Indonesia dari masa awal kemerdekaan hingga saat ini. Tidak hanya itu, namun juga laboratorium ini berisi berbagai informasi mengenai bapak Negara dan guru bangsa Indonesia.

Tujuan pelaksanaan LKMO HMJ Sejarah “JAS MERAH” adalah memberikan semangat, pelajaran, dan penanaman pribadi yang mempunyai inisiatif dalam berorganisasi pada Pengurus HMJ Sejarah 2018. LKMO dilaksanakan dua tahap yaitu Materi Manajemen Organisasi dan Social Skill Training. Peserta kegiatan LKMO adalah perwakilan mahasiswa Jurusan Sejarah angkatan 2017, pengurus HMJ Sejarah “JAS MERAH”, dan Panitia kegiatan HMJ Sejarah “JAS MERAH”.

Peserta LKMO HMJ Sejarah melakukan tes konsentrasi

Keseruan LKMO hari pertama

Acara dimulai pukul 07.00 WIB dengan dibuka oleh MC serta dilanjutkan dengan pembacaan susunan acara. Acara selanjutnya adalah sambutan-sambutan, yang pertama oleh Ketua Pelaksana (Muhammad Novel), dilanjutkan sambutan-sambutan dengan Ketua HMJ Sejarah (Rifky Hilman Hidayat Fauzi), dilanjutkan oleh Pembina HMJ Sejarah (Najib Jauhari, S.Pd, M.Hum) dan yang terakhir oleh Ketua Jurusa Sejarah (Dr. Ari Sapto, M.Hum).

Ketua Jurusan Sejarah memberikan sambutan LKMO HMJ Sejarah

Ketua Jurusan Sejarah memberikan sambutan LKMO HMJ Sejarah

Wakit Dekan III Fakultas Ilmu Sosial

Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial melakukan pembukaan LKMO

Acara selanjutnya adalah penyampaian materi. Materi yang pertama disampaikan oleh Dimas Purwandanu dengan tema “Menejemen Organisasi”. Materi yang kedua yang disampaikan oleh  Mely Oviani Putri dan Annisa Khansa Labibah dengan tema “Administrasi dan Keuangan Ormawa”. Materi yang ketiga yang disampaikan oleh Santoso dengan tema “Akademisi dalam berorganisasi”. Selanjutnya dilanjutkan materi yang ke empat tentang “Manajemen Komunikasi dan Pengembangan Jaringan” yang disampaikan oleh Wahyu Djoko Sulistyo, S.Pd., M.Pd. Kemudian dilanjutkan materi yang kelima tentang “IKAHIMSI” yang disampaikan oleh Eri Pradana. Dan materi yang terakhir yang disampaikan oleh Eky Roby dengan tema “Manajemen Stress dan Konflik dalam Organisasi”. Setelah materi selesai disampikan maka berakhirlah acara LKMO 2018 hari pertama pada pukul 13.30 WIB dengan lancar dan baik.

Pak Wahyu Joko menyampaikan materi kepada peserta LKMO

Pemateri menyampaikan Materi LKMO

Penyampaian Materi IKAHIMSI oleh Alumni HMJ Sejarah

Penyampaian Materi IKAHIMSI oleh Alumni HMJ Sejarah

Acara hari kedua LKMO 2018 dilaksanakan di depan halaman gedung I5 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang dengan agenda Field Trip ke Museum Brawijaya Kota Malang yang dipandu langsung oleh Bapak Najib Jauhari. Kemudian setelah berkunjung ke Museum Brawijaya dilanjutkan lagi dengan kembali ke depan halaman gedung I5 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang dengan melakukan games. Games dibagi menjadi menjadi empat pos yaitu pos pertama permainan harta karun, pos kedua  permainan air amerta, pos ketiga permainan zigzag, dan pos terakhir refleksi.

Pembina HMJ Sejarah memberikan materi mengenai salah satu bagian dari Museum Brawijaya

Pembina HMJ Sejarah memberikan materi

Games Zigzag LKMO HMJ Sejarah

Games Zigzag LKMO HMJ Sejarah

Games Air Amerta LKMO HMJ Seharah

Games Air Amerta LKMO HMJ Seharah

Kemudian games selesai dan dilanjutkan dengan pembagian hadiah. Pembagian hadiah telah selesai maka berakhirlah acara LKMO 2018 hari kedua pada pukul 11.00 WIB dengan lancar dan baik.