UNDANGAN MENULIS JURNAL DIMENSI SEJARAH 2018

Jurnal Dimensi Sejarah mengundang para mahasiswa sejarah, peneliti, pengajar yang sedang atau telah mengerjakan tesis/disertasi untuk mengirimkan artikel atau ulasan buku untuk penerbitan Jurnal Dimensi Sejarah  selanjutnya (Maret 2018).
Untuk penerbitan Volume X Nomer 2 Maret 2018, tema pembahasan tentang Sejarah, Budaya, Pengajarannya. Tulisan diharapkan sudah diterima paling lambat tanggal 23 Maret 2018.
Naskah dapat dikirim secara online atau melalui email yang ditujukan kepada hmjsejarahjasmerah@gmail.com. Atau dikirim langsung ke Kantor Sekretariatan HMJ Sejarah “JAS MERAH” Gd. I6 FIS, Jl. Semarang No. 5 Universitas Negeri Malang.

Petunjuk Bagi Penulis
Artikel yang dimuat dalam Jurnal Dimensi Sejarah meliputi tulisan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tinjauan kepustakaan dan resensi buku baru.
Naskah belum pernah diterbitkan dalam media cetak maupun media elektronik lain, diketik dengan spasi 1,5 pada kertas A4, panjang 8-25 halaman ketikan (sebanyak 2 eksemplar atau pada FD). Naskah pada FD diketik dengan menggunakan pengolah kata Microsoft Word.
Semua karangan ditulis dalam bentuk artikel, disertai judul subbab (heading) masing-masing bagian, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul subbab. Peringkat judul subbab dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua huruf dicetak tebal (bold) letaknya pada halaman, dan bukan dengan angka, sebagai berikut:
Peringkat 1 huruf besar semua rata dengan tepi kiri huruf
Peringkat 2 besar-kecil dengan garis bawah, rata kiri
Peringkat 3 huruf besar kecil dengan garis bawah, masuk ketuk.
Setiap karangan harus disertai: a) abstrak (50—100 kata), b) nama pengarang (tanpa gelar akademik), c) abstrak, d) kata-kata kunci, e) pendahuluan (tanpa judul subbab), f) isi, g) kesimpulan, h) daftar pustaka/daftar rujukan. Untuk artikel hasil penelitian disajikan dengan sistematika sebagai berikut: a) judul, b) nama pengarang (tanpa gelar akademik), c) abstrak, d) kata-kata kunci, e) pendahuluan (tanpa judul subbab), f) metode penelitian, g) hasil, h) pembahasan, i) kesimpulan dan saran, dan j) daftar pustaka/daftar rujukan.
Daftar pustaka/daftar rujukan disajikan mengikuti tatacara seperti contoh berikut dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis:
Kartodirdjo, S. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia.
Tosh, J. 1993. The Persuit of History: Aims Methods and New Direction in the Study of Modern History. London: Longman Inc.
Tatacara penyajian kutipan, rujukan tabel dan gambar mengikuti ketentuan dalam Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (PPKI UM, 2017). Naskah diketik dengan memperhatikan aturan tentang tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD) (Depdikbud, 1987).

  • Informasi lebih lanjut bisa menghubungi narahubung
    081336451545 (Yusuf) atau 087877757971 (Rifky)