Workshop Penulisan Jurnal 2017

HMJ Sejarah “Jas Merah”

Kemarin pada tanggal 1 April 2017 mengadakan Workshop Penulisan Jurnal 2017 yang bertemakan “Peduli Sejarah Nusantara: Menggali Nilai-nilai Kearifan Lokal dengan Menulis Karya Tulis Ilmiah”. Acara ini dimulai pada jam 07.00 acara ini berlangsung dengan baik, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilakukan oleh semua peserta, panitia, dan tamu undangan. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang pertama dari wakil dekan tiga fakultas ilmu sosial yaitu bapak I Nyoman Ruja.

Inilah Bpk. I Nyoman Ruja selaku wakil dekan 3 FIS-UM saat membuka acara workshop ini.

dilanjutkan oleh ketua HMJ SEJARAH “JAS MERAH” Dwi Agus Prasetyo, dan sambutan terakhir oleh ketua pelaksana acara ini yaitu Muhammad Yusuf Effendi. Acara berlanjut dengan doa agar acara workshop penulisan jurnal ini berjalan dengan penuh manfaat. setelah doa acara langsung dilanjutkan oleh penyampaian materi teknis penulisan jurnal non penelitian yang disampaikan oleh bapak Rintahani Johan, materi kedua tentang teknis penulisan jurnal penelitian yang disampaikan oleh ibu Ulfatun Nafi’ah, dan materi ketiga tentang kesejarahan disampaikan oleh bapak Najib Jauhari. Materi yang disampaikan masing-masing mempunyai durasi waktu 25 menit. para peserta sangat antusias dalam acara ini, ini terbukti dalam sesi tanya jawab para peserta  mempunyai banyak pertanyaan yang ingin ditanyakan pada pemateri.

Inilah suasana saat Bpk. Rintahani Johan memberikan materi tentang “Tata Cara Penulisan Artikel Non-Penelitian”.

Sesi selanjutnya yaitu dilakukan pembinaan kepada peserta, peserta dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing berisi 12-13 orang. kelompok 1 dibina oleh bapak Najib Jauhari, kelompok 2 dibina bapak Rintahani Johan , dan kelompok 3 dibina oleh ibu Ulfatun Nafi’ah.

workshop penulisan jurnal dengan tema “Peduli Sejarah Nusantara: Menggali Nilai-nilai Kearifan Lokal dengan Menulis Karya Tulis Ilmiah”. Inilah suasana saat Ibu Ulfatun Nafi’ah membina kelompok 3 bagaimana cara menulis artikel ilmiah yang baik dan benar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara berakhir pada jam 13.00 para peserta mengumpulkan abstrak yang sudah mereka kerjakan saat pembinaan tadi. dari abstraksi ini 10 peserta yang lolos seleksi akan dilakukan pembinaan lebih lanjut.