LKTI 2017

Hai sahabat kala.

HMJ Sejarah “JAS MERAH” akan mengadakan acara Lomba Karya Tulis Ilmiah bertema “Upaya Meningkatkan Kesadaran Sejarah Masyarakat terhadap Kearifan Lokal di Era Global”. Acara ini diadakan untuk mahasiswa agar menjadi akademisi yang giat menulis artikel ilmiah. Pelaksanaan acara ini akan melalui 3 tahap yaitu babak penyisihaan, babak semifinal, dan babak final. Pada babak penyisihan pengumpulan abstrak secara online dilakukan pada tanggal 1 Mei-1 Juli 2017 di e-mail hmjsejarahjasmerah@gmail.com dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 50.000. Pengumuman peserta yang lolos abstrak akan diumumkan pada tanggal 10 Juli 2017 dan yang lolos akan lanjut menuju babak semifinal dengan mengirimkan naskah. Pada babak semifinal pengiriman naskah dan persyaratan lain tanggal 15 Juli-15 september 2017 di e-mail hmjsejarahjasmerah@gmail.com dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000. Transfer melalui bank (bukti transfer dikirim bersama naskah) kepada panitia LKTI, No. Rek: 653601008125538 a/n Mely Oviani Putri (Cabang BRI). Peserta yang lolos pada tahap semifinal akan melanjutkan ke babak final yang dilaksanakan pada tanggal 24 September 2017 pukul 08.00 WIB di Gedung I1 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Babak final akan diikuti oleh 5 tim terbaik dari penyaringan babak penyisihan (ketentuan teknis terlampir). form pendaftaran bisa didownload di bawah.

berikut ketentuan-ketentuannya:

 

 

contoh abstrak

CONTACT PERSON:

Mely Oviani Putri   (0812 4940 9648)

Dwi Agus Prasetyo (0822 4521 6874)

LINK DOWNLOAD FORM PENDAFTARAN : Form_Pendaftaran_LKTI_2017

Workshop Penulisan Jurnal 2017

HMJ Sejarah “Jas Merah”

Kemarin pada tanggal 1 April 2017 mengadakan Workshop Penulisan Jurnal 2017 yang bertemakan “Peduli Sejarah Nusantara: Menggali Nilai-nilai Kearifan Lokal dengan Menulis Karya Tulis Ilmiah”. Acara ini dimulai pada jam 07.00 acara ini berlangsung dengan baik, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dilakukan oleh semua peserta, panitia, dan tamu undangan. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang pertama dari wakil dekan tiga fakultas ilmu sosial yaitu bapak I Nyoman Ruja.

Inilah Bpk. I Nyoman Ruja selaku wakil dekan 3 FIS-UM saat membuka acara workshop ini.

dilanjutkan oleh ketua HMJ SEJARAH “JAS MERAH” Dwi Agus Prasetyo, dan sambutan terakhir oleh ketua pelaksana acara ini yaitu Muhammad Yusuf Effendi. Acara berlanjut dengan doa agar acara workshop penulisan jurnal ini berjalan dengan penuh manfaat. setelah doa acara langsung dilanjutkan oleh penyampaian materi teknis penulisan jurnal non penelitian yang disampaikan oleh bapak Rintahani Johan, materi kedua tentang teknis penulisan jurnal penelitian yang disampaikan oleh ibu Ulfatun Nafi’ah, dan materi ketiga tentang kesejarahan disampaikan oleh bapak Najib Jauhari. Materi yang disampaikan masing-masing mempunyai durasi waktu 25 menit. para peserta sangat antusias dalam acara ini, ini terbukti dalam sesi tanya jawab para peserta  mempunyai banyak pertanyaan yang ingin ditanyakan pada pemateri.

Inilah suasana saat Bpk. Rintahani Johan memberikan materi tentang “Tata Cara Penulisan Artikel Non-Penelitian”.

Sesi selanjutnya yaitu dilakukan pembinaan kepada peserta, peserta dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing berisi 12-13 orang. kelompok 1 dibina oleh bapak Najib Jauhari, kelompok 2 dibina bapak Rintahani Johan , dan kelompok 3 dibina oleh ibu Ulfatun Nafi’ah.

workshop penulisan jurnal dengan tema “Peduli Sejarah Nusantara: Menggali Nilai-nilai Kearifan Lokal dengan Menulis Karya Tulis Ilmiah”. Inilah suasana saat Ibu Ulfatun Nafi’ah membina kelompok 3 bagaimana cara menulis artikel ilmiah yang baik dan benar.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Acara berakhir pada jam 13.00 para peserta mengumpulkan abstrak yang sudah mereka kerjakan saat pembinaan tadi. dari abstraksi ini 10 peserta yang lolos seleksi akan dilakukan pembinaan lebih lanjut.